7 Type

Agya

Type Harga
AGYA 1.2 E M/T 167.900.000 Chat Chat
AGYA 1.2 G M/T 175.400.000 Chat Chat
AGYA 1.2 G CVT 191.400.000 Chat Chat
AGYA 1.2 GR M/T ONE TONE 237.500.000 Chat Chat
AGYA 1.2 GR M/T TWO TONE 240.000.000 Chat Chat
AGYA 1.2 GR CVT ONE TONE 253.500.000 Chat Chat
AGYA 1.2 GR CVT TWO TONE 256.000.000 Chat Chat

Special Features

  • Angsuran Ringan
  • DP Rendah
  • Nego Sampai Deal

Descriptions

8 Spesifikasi, dan Review Toyota Agya 2023

Informasi mengenai harga dan spesifikasi Toyota Agya 2023 akhirnya terungkap di Gaikindo Jakarta Auto Week yang berlangsung 10 Maret 2023. Kami bahkan sudah melakukan review lengkap atas mobi mungil tersebut.

Agya terbaru kini terbagi dalam dua segmen: LCGC dan city car. Khusus Agya varian E dan G, banderolnya tetap di bawah Rp 200 juta. Sementara Agya GR Sport sekarang naik kelas, sehingga harganya tembus di atas Rp 200 juta.

“All-New Agya dan All-New Agya GR Sport memiliki keunggulan masing-masing untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di segmen yang cukup berbeda. Pengembangan Agya memperkuat untuk memperkuat basic value sebuah model di segment entry,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Bicara spesifikasi, Agya Gen-2 sangatlah istimewa. Ubahannya lengkap dari eksterior, interior, fitur, hingga penggunaan mesin 1.2 liter yang serupa dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Lalu soal dimensi bodinya, Toyota membuatnya lebih bongsor dengan panjang total 3.760 mm atau bertambah 100 mm dibanding model lama. Kemudian interiornya juga lebih lega, lantaran punya jarak sumbu roda 2.525 mm atau lebih panjang 70 mm dari mobil Agya Gen-1.

Kemudian yang tidak kalah menarik, varian Agya GR Sport 2023 mendapat banyak kelebihan. Sebut saja Dari sisi tampilan jauh lebih sporty baik eksterior maupun interior. Kemudian ada warna two tone. Ditambah lagi ada spesial tuning di bagian setir dan suspensi supaya rasa berkendaranya semakin menyenangkan.

1. Mesin Agya Terbaru Lebih Irit BBM

Spesifikasi Toyota Agya 2023 yang pertama adalah performa mesin. Pabrikan berlogo T mengatakan bahwa city car ini pakai mesin sama dengan  Toyota Raize  dan Daihatsu Rocky, soal kubikasinya adalah 1.200 cc.

Bagaimana dengan torsi dan tenaganya? Ternyata sama persis dengan Raize. Toyota Agya Gen-2 mengusung mesin berkode WA-VE 3-silinder dengan kubikasi 1.200 cc. Jantung pacu ini memiliki tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm di 4.500 rpm.

Di atas kertas, mesin WA-VE ini lebih besar torsinya dibanding mesin Agya Gen-1 yaitu 2NR-VE. Selain itu, pastinya dari sisi ramah lingkungan punya emisi gas buang yang lebih baik. Penggunaan mesin yang sama dengan Rocky dan Raize, juga seharusnya menjadikan ongkos produksi dari Agya Gen-2 lebih murah.

“Walau pun (mesinnya) sama, tapi karena mobilnya beda, performanya berbeda (untuk Toyota Agya dan Raize,” kata Chief Engineering Toyota Motor Corporation (TMC), Toshihiro Nakaho .

Dalam hal angka, torsi Agya Gen-2 meningkat 20 persen dibanding model lama. Kemudian akselerasinya dari 40 km/jam menjadi 80 km/jam cuma 6,7 ​​detik alias lebih menyenangkan untuk menyalip kendaraan lain.

Transmisi CVT di mobil Agya Gen-2 juga istimewa, karena dikembangkan dengan fixed gear ratio yang mampu menghasilkan akselerasi lebih cepat dan linier. Ada pula teknologi Active D Control yang bekerja lebih hening pada kondisi normal dan menjaga efisiensi bahan bakar, namun tetap mampu memberikan akselerasi secara instan.

Kemudian Toyota juga sudah buka soal konsumsi BBM Agya 2023 yang diklaim lebih irit dibanding model lama. Khusus varian D-CVT, bisa irit bensin hingga 21 km/liter atua lebih irit 0,3 km/liter dari Agya Gen-1. Kemudian Agya Gen-2 dengan transmisi manual, konsumsi BBM-nya bisa tembus 21,8 km/liter, lebih hemat 1,2 km/liter dari generasi sebelumnya.

Tes konsumsi BBM Toyota Agya GR Sport

Kami juga telah melakukan review atas Toyota Agya GR Sport 2023 untuk konsumsi BBM dengan metode eco driving dan full to full. Perjalanan kami lakukan dengan kecepatan rata-rata 43 km/jam melewati jalan yang didominasi tol sejauh 67 km. Ternyata mobil ini cuma butuh bensin 2,5 liter.

Dengan kata lain, hasil uji konsumsi BBM Agya terbaru mendapatkan rata-rata 26,5 km/liter. Artinya ini melampaui klaim Toyota yang cuma 21 km/liter. Istimewa bukan?

Sementara itu, kami pun pernah melakukan test drive bersama Agya Gen-2 di Bali. Hanya saja gaya berkendara yang kami gunakan selama berkeliling Pulau Dewata bukanlah eco driving. Dalam artian gas melewati pol ketika jalanan kosong, kemudian banyak kondisi stop & go.

Belum lagi mobil diisi oleh 4 penumpang dewasa beserta barang bawaannya masing-masing. Sedangkan total berat penumpang ditambah barang bawaan, kira-kira 380 kg.

Usai menempuh total perjalanan sekitar 70 Km, ternyata  konsumsi BBM mobil Agya  terbaru cuma bisa meraih 9,2 km/liter. Jadi, kesimpulannya soal irit atau tidak memang bisa berbeda-beda tergantung situasinya.

Tes Akeselerasi 0-100 Km/jam

Review Toyota Agya terbaru selanjutnya membahas soal performa mesin terkait akselerasi. Ada dua pengujian yang kami lakukan yaitu 0-100 km/jam dan drag race 201 meter.

Hasilnya Agya Gen-2 khususnya varian GR Sport mampu melesat dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 12,1 detik. Mesin 1.200 cc dengan konfigurasi tiga silindernya yang dipadukan dengan CVT, ternyata cukup cekatan. Lalu untuk hasil drag race 201 meter Toyota Agya terbaru 2023, catatan waktunya adalah 11,8 detik.

Pengujian mesin Toyota Agya belum selesai, terakhir kami lakukan tes menanjak. Dengan sudut kemirigan hingga 21 derajat. Kemudian untuk bobot total yang dibawa adalah 465 Kg dari hasil kombinasi 5 orang.

Apakah bisa menanjak? Review Toyota Agya 2023 yang kami lakukan membuktikan bahwa mobil ini sukses melahap tanjakan dengan mudah. Bahkan ketika berhenti di tengah tanjakan, kemudian gas lagi, juga tidak masalah. Dengan catatan, AC yang kami pakai ada di kondisi dingin paling kecil. Kemudian transmisi pakai S.

Hanya saja kekurangannya, mesin 1.200 cc milik Agya terbaru punay konfigurasi tiga silinder. Alhasil ketika melahap tanjakan awal, getarannya terasa cukup kuat hingga ke kabin.

2. Interior Toyota Agya 2023

Spesifikasi Toyota Agya 2023 selanjutnya adalah interior. Dalam penyajiannya, pabrikan berlogo T memperlihatkan bawah kabin mobil ini lebih lega dibanding sebelumnya. Bicara dimensi Agya Gen-1, panjangnya 3.660 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm.

Sementara untuk Agya Gen-2 punya bodi dengan panjang hingga 3.760 mm atau bertambah 100 mm dibanding model lama. Kemudian jarak sumbu rodanya adalah 2.525 mm atau lebih panjang 70 mm dari Agya Gen-1.

Jika semakin bongsor tentunya membuat ruang interior dari Toyota Agya 2023 jadi lebih besar. Alhasil pengemudi dan penumpang semakin nyaman saat berkendara, utamanya karena punya ruang kaki (leg room) serta kepala (head room) lebih luas.

Masuk ke dalam mobil, konsep  desain horizontal  menampilkan kesan lebih canggih dan  diorientasikan pada pengemudi  untuk menampilkan  interior  yang sporty dan berkualitas tinggi. Panel instrumen dan  trim pintu  mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk memberikan nuansa canggih.

Konsol tengah dan monitor transmisi tuas lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi yang sudah lebih baik berkat pengaturan desain dan posisi jok yang mampu menopang tubuh secara optimal. Termasuk ada rombakan pada desain dan  layout  pedal-pedal agar pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks. .

Di Toyota Agya GR Sport 2023, di dalam kabinnya tersemat beberapa sentuhan signature GR Sport. Ada ornamen warna dark silver bangku pada kisi AC, logo GR Sport dan jahitan merah pada depan dan bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob.

Bagasi Mobil Agya Baru Sangat Luas

Review Toyota Agya 2023 yang kami lakukan juga soal bagasi. Meski dimensinya mungil, tapi ternyata kapasitas menampung barang di belakang sangatlah luas.

Klaim Toyota, bagasi Agya memang diperluas karena ada penambahan panjang menjadi 610 mm (61 cm). “Daya angkut lebih tinggi dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm,” beber rilis resmi Toyota.

Benar saja, setelah kami mengukur bagasi Agya Gen-2 memiliki panjang 62 cm. Hitungan kami tidak beda jauh dari klaim Toyota yang 61 cm. Kemudian untuk lebarnya 100 cm, dan tinggi 65 cm. Dengan kata lain, Agya bisa mengangkut barang hingga 403 liter di bagasinya.

Lalu klaim lain dari pabrikan berlogo T, saat jok belakangnya dilipat rata lantai, maka Agya terbaru bisa mengangkut empat koper besar sekaligus.

3. Setir dan Suspensi Khusus untuk Toyota Agya GR Sport 2023

Selanjutnya yang jadi bocoran Toyota Agya 2023 adalah penggunaan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architechture). Platform ini sebelumnya sudah digunakan oleh mobil-mobil terbaru Daihatsu dan Toyota, diklaim lebih ringan serta menyenangkan untuk diajak berkendara. Kalau di Toyota, nama platform ini berubah jadi TNGA.

Kelebihan lain dari TNGA, mobil jadi bisa dikembangkan ke arah elektrifikasi mobil. Contohnya saja Toyota Innova setelah pakai TNGA dan lahir  Zenix , tersedia dalam pilihan mesin hybrid. Jadi, bukan tidak mungkin penggunaan TNGA membuat Agya Gen-2 jadi siap untuk penggunaan mesin hybrid yang pastinya lebih irit BBM dan ramah lingkungan.

Hanya saja untuk Toyota Agya terbaru masih pakai mesin bensin konvensional. Lalu yang menarik adalah di varian GR Sport, ada special tuning di bagian suspensi dan setir. Efeknya adalah mobil lebih stabil sekitar 15 persen saat bermanuver tajam saat menikung.

Di detail  Agya GR Sport 2023  ini ada di bagian suspensi dan bodinya dibuat lebih kaku sekitar 15 persen. Kemudian power steering dan steering gear dirancang lebih presisi.

“Mewarisi DNA  motorsports  TOYOTA GAZOO Racing (TGR), perubahan lanjutan (untuk Agya GR Sport) dilakukan pada sistem suspensi dan EPS. Shock absorber eksklusif  dan  coil spring  diracik supaya mampu memberikan daya redam lebih maksimal dibanding model standar. EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara  ban sport  yang dipilih secara khusus mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga  grip -nya di jalan berliku,” seperti dikutip dari rilis resmi Toyota.

Tes Limbung Saat Bermanuver

Dengan berbagai tuning spesial di Agya GR Sport, apakah rasa berkendaranya benar-benar semakin menyenangkan. Review Toyota Agya 2023 yang kami lakukan sungguh membuktikan, bahwa mobil ini istimewa.

Agya varian GR Sport dengan ban Dunlop SP Sport Maxx ukuran 185/55 R15 terasa berbeda dibanding varian G. Dari sisi pengemudian, kontur jalan bisa terbaca dengan baik. Cengkeramannya juga lebih mantap. Ditambah lagi, setir diatur jadi lebih langsung, sehingga asik diajak berbelok ke kiri dan kanan. Ini sekain istimewa lagi dengan kehadiran suspensi ala GR.

Dari hasil tes manuver yang kami lakukan, Agya terbaru pun sukses menjadi mobil yang paling tidak limbung atau stabil di antara kompetitor. Ketika diajak berbelok tajam dalam kecepatan 35 km/jam, ternyata bodinya cuma miring sekitar 3,3 derajat. Bandingkan dengan Ayla yang kemiringannya hingga 3,7 derajat. Begitu pula Brio RS dengan 4,2 derajat.

4. Eksterior dengan Warna Two Tone

Kemudian yang menarik dari spesifikasi Toyota Agya 2023 adalah penggunaan warna two tone. Totalnya tersedia dua opsi yaitu: bodi putih dengan atap hitam dan bodi merah dengan atap hitam. Setidaknya ini terlihat dari varian  GR Sport .

Bicara tampilan Agya GR Sport, semakin isitmewa dengan pelek two tone besar ukuran 15 inci dengan ban 185/55. Keistimewaan lain ada di body kit yang membuat tampilannya semakin sporty. Kemudian tidak lagi tersemat logo khas LCGC di gril depan, diganti logo Toyota.

Sementara untuk Agya Gen-2 tanpa embel-embel GR Sport, memiliki empat pilihan warna bodi monotone: merah, kuning, putih, dan hitam. Pelek yang digunakan lebih kecil yaitu 14 inci dengan kelir silver, bannya berukuran 175/65. Kemudian tampilannya juga lebih simpel tanpa body kit dengan logo khas LCGC di grill depan.

Meski begitu yang menarik adalah sistem lighting depan atau lampu depan sudah LED dengan desain lebih pipih. Lalu grill depan dibuat lebih besar dengan dominasi warna hitam.

Bodi juga dibuat lebih bongsor, dimensi Agya terbaru memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm. Kemudian jarak sumbu roda 2.525 mm.

5. Fitur Modern dengan Panel Instrumen TFT

Selain itu, Toyota Agya Gen-2 juga punya berbagai fitur modern. Ada sistem audio dengan Head Unit 7 inci lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Tilt steering serta Front & Rear Separated Head Rest sudah ada pada semua tipe.

Kemudian hadir Digital AC, audio Steering Switch, dan Push Start Button hadir mulai di Agya varian G. Khusus varian G CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode untuk memaksimalkan distribusi tenaga sehingga lebih fun to drive. Electric Mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur Smart Entry System.

Tidak ketinggalan hadir panel instrumen TFT seperti punya Toyota Raize di Agya varian tertinggi atau GR Sport. Dengan demikian, tampilan interiornya jadi semakin istimewa dibanding Agya E dan G.

6. Toyota Safety Sense Belum Ada

Fitur keamanan Agya 2023 baru ditingkatkan dengan memperkuat beberapa elemen sasis dalam meredam efek tabrakan dari berbagai arah. Diameter teromol rem belakang ditambah untuk meningkatkan daya pengereman, disinergikan dengan rem cakram di depan dan penggunaan fitur ABS+EBD.

Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed ​​Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbag ada di seluruh tipe, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) sebagai standar.

Bicara Toyota Safety Sense (TSS) saja  , Agya 2023 tidak memilikinya. Pasalnya bila melihat setir yang digunakan, tidak ada tombol di bagian kanan mobil. Oleh karena itu, prediksi kami, TSS belum hadir ke mobil mungil ini.

7. Harga Toyota Agya 2023

Dengan spesifikasi tersebut, berapa harga Toyota Agya 2023? Pabrikan berlogo T resmi mengumumkannya pada GJAW pada 10 Maret 2023, tersedia dalam 5 varian. Banderolnya mulai Rp 167,9 juta untuk Agya EM/T. Sementara yang termahal tembus Rp 253,5 juta untuk Agya GR Sport CVT.

Toyota sendiri membagi dua segmen untuk Agya Gen-2. Di mana Agya E dan G masuk segmen LCGC. Sementara Agya GR Sport sudah naik kelas ke city car.

“Banyak juga konsumen yang mengharapkan city car yang punya performa sporty, karena itu kami perkenalkan All New Agya GR Sport yang akan bermain di segmen baru,” ujar Henry Tanoto.

Maka dari itu, harga Toyota GR Sport 2023 tembus di atas Rp 200 juta. Hal ini wajar, mengingat banyak ubahan baik dari sisi interior yang lebih modern. Lalu performa mesin juga lebih istimewa.

Kemudian dengan banderol tersebut, Agya juga didukung dengan layanan aftersales T-CARE yang dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia berupa gratis biaya jasa. Khusus Agya GR Sport, bahkan gratis biaya jasa dan suku cadang hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang lebih dulu). Selain itu, ada benefit tambahan berupa perpanjangan garansi 1 tahun / 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis tepat waktu sesuai rekomendasi.

8. Biaya Sewa Agya Terbaru dengan KINTO

Di pembelian samping new Agya 2023, Toyota juga menawarkan sewa dengan layanan KINTO. Jadi konsumen tidak perlu memiliki, cukup sewa mobilnya dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 4 juta rupiah per bulan.

Menariknya layanan KINTO ini, konsumen tidak perlu memikirkan perawatan kendaraan yang digunakan (bebas repot). Paket berlangganan KINTO One berdurasi 36 bulan dan sudah meliputi layanan full service, yaitu biaya service berkala, perpanjangan pajak & STNK, asuransi, emergency roadside assistance, dan penggantian aki & ban.

“Sebagai bagian dari Total Mobility Solution, Agya didukung oleh berbagai layanan mobilitas berupa layanan yang mudah, aman, dan nyaman, yang kami wujudkan dapat mewujudkan mobilitas yang menyenangkan dan personal bagi pelanggan,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

AGYA BARU

Eksterior

Mobil LCGC dengan Desain Khas Hatchback yang Lebih Fresh dan Elegan

Memulai ulasan kali ini, Mas Sena akan mengulas di bagian terluar, yaitu pada sektor eksterior dari spesifikasi Toyota Agya. Tak sama dengan versi sebelumnya, kali ini PT TAM menghadirkan mobil LCGC besutannya dengan tampilan yang lebih fresh di mana menyerap khas gaya hatchback modern. Hal itu tampak sekali pada setiap sisi bodinya di mana pada sektor depan terlihat mendapatkan gubahan paling banyak. Pasalnya, pada bagian depan dari Toyota Agya facelift ini sudah dilengkapi dengan Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide berdesain modern berbentuk trapesium 6 sisi yang membuatnya begitu tampak stylish dan elegan.

Tak hanya itu saja, grill depan pun dibuat lebih lebar dan dibentuk dengan gaya yang begitu sporty sehingga mampu menampilkan tampilan yang sangat menawan. Fog lamp terbaru pun turut terpasang manis pada bodi bagian depan Toyota Agya ini di mana nantinya akan memancarkan cahaya yang akan membantu si pengemudi dalam berkendara ketika dalam kondisi cuaca hujan lebat atau pun berkabut tebal. Lalu, pada sisi samping sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Hanya saja untuk tampilan samping dari Toyota Agya facelift ini dibuat cenderung lebih sporty dimana terdapat sebuah garis lurus yang membujur dari depan sampai belakang di atas side skirt yang didesain elegan sehingga tampak lebih menarik.

Kemudian pada sektor belakang, Toyota Agya facelift ini akan dibekali kombinasi lampu belakang yang dibuat cukup simpel namun tetap menampilkan kesan modern. Tak cukup sampai di situ saja, pada bagian belakang pun juga terdapat sebuah spoiler kecil dengan High Mount Stop Lamp. Dengan begitu, secara keseluruhan pun bisa dipastikan bahwa sektor eksterior dari spesifikasi Toyota Agya ini memang menampilkan tampilan yang lebih segar dengan gaya city car berciri elegan.

Pedalaman

Berbekal Interior Mewah dengan Fitur Canggih Berikan Kenyamanan Ekstra

Setelah kita meraba pada bagian luarnya, kini waktunya kita beranjak ke sektor berikutnya, yaitu bagian kabin interior dari spesifikasi Toyota Agya. Dihadirkan sebagai model facelift tentu saja pihak Toyota akan membuat mobil buatannya ini menjadi lebih modern dan lebih segar dari versi sebelumnya, termasuk juga pada sektor interiornya. Hal itu pun bisa dilihat bagaimana ruang kabin dari Toyota Agya ini yang dibuat cukup pas untuk sekelas city car yang mampu menampung antara 4 sampai 5 penumpang yang sudah termasuk dengan pengemudinya.

Namun, hal yang cukup menarik perhatian Mas Sena yaitu pada sektor dashboard. Pasalnya, bagian dashboard pada Agya facelift ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih, seperti paket New Advance Entertainment lengkap dengan sistem audio berupa radio AM/FM, pemutar CD, dan pengontrol suara. Tak hanya itu, pada Toyota Agya ini sambungan Bluetooth dan soket USB pun juga disediakan pada bagian dashboard nya sehingga pengguna bisa memainkan musik sesuka selera tanpa perlu menggunakan kaset. Apalagi Audio 2DIN pun turut disematkan pada Toyota Agya ini yang mampu menghasilkan suara musik yang begitu menggelegar dan membahana.

Di sisi lain, pada bagian pengemudi pun sudah dilengkapi juga dengan fitur Audio Steering Switch yang begitu fungsional pada sektor kemudinya. Sehingga, pengemudi bisa mengontrol pemutar musik pada Toyota Agya tanpa harus menjangkau panel yang berada di bagian dashboard tengah. Tak sampai di situ saja, pada bagian jok dari Agya facelift ini juga sudah dilengkapi dengan Semi Bucket Seat yang dibuat dari bahan material berupa kain yang lembut sehingga akan membuat setiap pengguna nyaman saat menduduki jok. Tentunya dengan bekalan spesifikasi Toyota Agya pada bagian interiornya ini menjadi hal yang mampu menghipnotis para konsumen.

Dilihat : 356 kali
Agya
Agya
7 Type
Specs Keterangan

Model Lainnya

Stay Connected

Model Terpopuler

Innova Zenix
13 Type
Dilihat: 1878x
Yaris Cross
18 Type
Dilihat: 952x

Slide Model

9828
Visit Today : 49
Visit Yesterday : 40
This Month : 445
This Year : 2167
Who's Online : 1